081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

DI JASA APLIKASI PENGGATI GOLIFE

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

6 Cara Cerdas Merawat dan Menjaga Kompresor AC Mobil Agar Tetap Aman


6 Cara Cerdas Merawat  dan Menjaga Kompresor AC Mobil Agar Tetap Aman

6 Cara Cerdas Merawat  dan Menjaga Kompresor AC Mobil Agar Tetap Aman - AC mobil merupakan bagian yang sangat penting pada mobil untuk menunjang kenyamanan saat Anda berkendara. Setiap orang pasti mengeluh jika kabin mobilnya panas karena AC kurang dingin. Salah satu komponen mobil yang bertanggung jawab atas dinginnya sebuah AC adalah kompresor.
Kompresor bagaikan jantung manusia yang bertugas memompa freon agar bisa menyebar ke kabin dan menghilangkan hawa panas pada kabin mobil. Terkadang masih banyak pemilik mobil belum tahu bahwa kompresor juga perlu dirawat agar AC mobil tetap dingin, dan jika kompresor ini rusak maka harganya juga cukup menguras kantong lho. Ada baiknya agar mulai dari sekarang Anda harus rutin dan rajin merawat kompresor ac mobil agar tidak mudah rusak.
Dan pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 6 Cara Cerdas Merawat dan Menjaga Kompresor AC Mobil Agara Tetap Aman. Semoga dengan membaca keenam tips di bawah ini kompresor ac mobil Anda dapat bertahan lama dan tidak cepat rusak. Penasaran apa saja? Berikut keenam cara cerdas tersebut!
1.     Lakukan Penggantian Oli Kompresor Secara Berkala
Selain oli mesin dan oli transmisi untuk mobil matic, ternyata kompresor pada AC mobil juga membutuhkan oli untuk melancarkan kinerjanya dalam memompa freon lho. Banyak pemilik mobil yang belum mengetahui hal ini dan tidak pernah memedulikan kondisi oli kompresor sampai AC mobilnya bermasalah. Ada baiknya agar Anda selalu mengecek secara berkala kondisi oli kompresor mobil dengan menggantinya setiap 20.000 KM atau paling tidak setiap 1 tahun sekali.
Meskipun akan menambah biaya perawatan, namun hal ini jauh lebih murah daripada kompresor rusak dan harus ganti yang baru. Karena bisa dikatakan untuk mengganti kompresor ac mobil membutuhkan biaya yang cukup besar. Maka dari itu ada baiknya Anda mencegah kompresor ac mobil Anda agar tidak cepat rusak mulai dari sekarang dengan rutin melakukan perawatan dan mengganti oli kompresor secara berkala.
2.     Pastikan Bengkel Membersihkan Kompresor Saat Pergantian Oli
Sama halnya seperti oli mesin, oli kompresor saat diganti juga harus dibersihkan sampai tuntas agar oli yang baru tidak tercampur dengan bekas oli lama yang bisa mengurangi kinerja kompresor. Pastikan mekanik pada bengkel AC yang kamu kunjungi membersihkan sampai tuntas oli kompresornya sebelum diganti yang baru.      Jangan sampai tidak dibersihkan. Karena hal tersebut bisa membuat kompresor ac mobil Anda menjadi cepat rusak.
Carilah bengkel terbaik yang bisa Anda percayai untuk mengganti oli kompresor ac mobil Anda. Karena di luaran sana ada banyak sekali bengkel yang kurang bertanggung jawab dan seenaknya saja mengganti oli kompresor tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Mereka hanya memikirkan kecepatan dalam bekerja dan tidak memperhatikan dampak buruk yang akan didapat jika kompresor tidak dibersihkan terlebih dahulu saat pergantian oli. Maka dari itu ada baiknya agar Anda mencari bengkel terbaik. Hal ini dilakukan agar mobil Anda dapat terawat dan terjaga dengan sempurna. Atau jika Anda memiliki pengetahuan yang lebih tentang mobil, Anda bisa mengganti oli kompresor sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel.
3.     Perhatikan Jenis dan Spesifikasi Oli Kompresor
Dalam memilih oli untuk kompresor juga tak bisa sembarangan. Sama halnya seperti oli mesin, oli kompresor juga perlu diperhatikan kekentalannya. Anda bisa cek pada manual book mobil Anda berapa kekentalan oli kompresor yang dianjurkan untuk digunakan pada mobil Anda. Jangan sembarangan, karena jika Anda sampai salah dalam memilih jenis dan spesifikasi oli kompresor yang tepat untuk mobil Anda akan menyebabkan dampak buruk pada mobil Anda sendiri.
Kualitas AC mobil Anda juga akan berkurang atau bahkan AC mobil Anda tidak akan berfungsi sama sekali. Kalau Anda ragu dengan jenis dan spesifikasi oli kompresor yang tepat untuk mobil Anda, Anda bisa langsung membawanya ke bengkel agar hal buruk tidak terjadi pada mobil Anda nantinya. 
4.     Perhatikan Suara yang Ditimbulkan oleh Kompresor
Dalam mengecek kondisi kompresor, tanpa perlu ke bengkel Anda juga bisa mengeceknya secara berkala di rumah. Caranya adalah dengan menghidupkan mobil dan AC mobil, lalu dengarkan bunyi kompresor yang menyala dari balik kap mobil. Jika bunyi kompresor terdengar lebih keras dari biasanya dan cukup mengganggu maka Anda perlu melakukan pengecekan ke bengkel apakah ada kendala terhadap kompresornya atau tidak. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar kompresor Anda tetap dalam keadaan baik-baik saja.
5.     Jika Kompresor Bocor, Sebaiknya Ganti dengan yang Baru
Terkadang ada masanya kompresor bocor sehingga oli menetes keluar dan AC menjadi kurang dingin. Jika ini terjadi, biasanya ada juga orang yang mengambil langkah ekonomis untuk menambal kompresornya agar bisa digunakan lagi. Namun ternyata itu bukan solusi terbaik karena penambalan memang bisa membuat kompresor tidak bocor kembali, namun jika kompresor sudah dibuka maka kinerjanya akan berkurang dan tidak maksimal lagi mendinginkan kabin, sehingga alangkah baiknya untuk mengganti kompresor dengan yang baru jika sudah bocor.
Meskipun biaya untuk menggantinya terbilang cukup mahal, mau tidak mau Anda harus menggantinya agar AC mobil Anda tetap bisa digunakan. Namun tenang, kompresor didesain untuk dapat bekerja tahan lama hingga bertahun-tahun lamanya sehingga mengganti kompresor yang baru tidak akan memboroskan pengeluaran kamu karena akan sangat jarang dilakukan penggantian kembali dalam waktu yang lama sampai rusak kembali.
6.     Melakukan Service Kompresor di Bengkel Terbaik
Untuk terus menjaga agar kompresor ac mobil Anda tetap aman dan tetap terawat, Anda harus sebisa mungkin untuk melakukan service kompresor di bengkel mobil terbaik. Dan bagi Anda semua yang saat ini sedang mencari bengkel mobil terbaik yang akan Anda gunakan untuk service kompresor, Mitra Mulya Sejati mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda coba.
Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang malas untuk keluar rumah, bengkel mobil Mitra Mulya Sejati juga menerima panggilan service mobil. Dengan menghubungi customer service bengkel mobil Mitra Mulya Sejati, para montir akan dengan siap segera untuk menuju ke lokasi Anda. Para montir yang bekerja di bengkel mobil Mitra Mulya Sejati juga sangat professional dan sudah berpengalaman di bidangnya. Jadi, Anda tidak usah ragu lagi
Bagi Anda yang berminat melakukan service mobil di bengkel Mitra Mulya Sejati, Anda bisa langsung menghubungi nomor customer service di bawah ini :
·      0818585225
·      0817892099
·      03199842607
·      081134655899
·      081293353358
Bengkel mobil Mitra Mulya Sejati beralamat di Raya Kendangsari No.28, Surabaya. Bengkel mobil Mitra Mulya Sejati juga melayani service mobil secara online untuk seluruh wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan juga Gresik. Jadi, bagi Anda semua yang ingin melakukan service mobil dengan pelayanan yang sangat memuaskan, bengkel mobil Mitra Mulya Sejati mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat wajib untuk Anda coba.

Nah, itulah 6 cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan menjaga kompresor AC mobil agar tetap aman. Karena AC adalah bagian penting dalam kenyamanan berkendara di mobil, maka Anda harus bisa dengan semaksimal mungkin untuk menjaga dan merawat AC mobil Anda agar tetap aman. Semoga Bermanfaat!

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes