081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tepat untuk Anda

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

DIJASA APLIKASI JASA

DIJASA APLIKASI JASA
PROMO CASHBACK 50 RIBU

4 TEKHNIK PENGEREMAN MOBIL DI JALAN MENURUN


Servis Mobil Surabaya - Masalah rem blong kembali diduga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan beruntun di tol Cipularang, Senin (3/9) kemarin. Tentunya, ini bukan kali pertama permasalahan rem blong menjadi penyebab utama dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

Permasalahan rem blong, sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh perawatan yang tidak sesuai saja, namun juga bisa disebabkan oleh teknik berkendara yang salah.

Menurut Jusri Pulubuhu, pendiri sekaligus instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), teknik pengereman yang salah saat melaju di jalan yang menurun panjang, juga bisa membuat kinerja rem menjadi kurang maksimal.

Adapun Jusri menjelaskan beberapa teknik pengereman yang dapat dilakukan saat melalui jalan menurun yang panjang.

1. Jangan Terus Menginjak Pedal Rem


Biasanya, beberapa orang pasti akan terus menginjak pedal rem saat mobil melalui jalan yang menurun. Padahal, cara seperti itu justru berpotensi membuat rem mengalami brake fading.

“Jadi, sistem rem akan mengalami kegagalan fungsi yang diakibatkan oleh gesekan yang terlalu lama dan menimbulkan panas berlebih. Efeknya jelas menjadi brake fading dan pengereman menjadi tidak maksimal,” ujar Jusri.

Oleh karena itu, Jusri menyarankan agar pengemudi sesekali mengocok rem tersebut dengan cara menginjak pedal rem secara berulang-ulang.

2. Gunakan Engine Brake

Agar kinerja rem menjadi tidak berat, Jusri menyarankan agar saat melalui turunan yang panjang, gunakanlah teknik pengereman engine brake. Teknik pengereman engine brake sendiri, yaitu dengan cara memindahkan gigi transmisi ke yang lebih rendah .

“Dengan menurunkan ke gigi yang lebih rendah, otomatis kecepatan laju mobil akan ikut berkurang,” ucap Jusri.
Lakukan penurunan gigi secara bertahap.

Saat melakukan engine brake, Jusri juga menyarankan agar lakukanlah perpindahan gigi secara bertahap. Hindari memindahkan gigi secara loncat ke yang lebih rendah.

Contohnya, apabila saat melaju transmisi mobil berada di gigi 5, maka turunkanlah secara bertahap dan jangan langsung loncat ke gigi 2. Dan hindari menetralkan gigi mobil saat melaju di jalan yang menurun.

3. Lakukan Perpindahan Gigi Sebelum Menurun

Perpindahan penurunan gigi juga sebaiknya dilakukan sesaat sebelum mobil mulai melaju menurun. Hal tersebut agar kinerja engine brake dapat berfungsi maksimal.

“Perpindahan gigi sebaiknya dilakukan pada saat berada di puncak atau saat akan masuk ke turunan. Karena bila di tengah turunan, memungkinkan pengemudi menggunakan banyak rem,” jelas Jusri.

4. Jaga Jarak Aman

Terakhir, Jusri juga menyarankan agar pengemudi menjaga jarak aman dengan mobil di depannya. Dengan jarak yang terlalu dekat dengan mobil depan, dikhawatirkan akan membuat mobil menjadi sering mengerem.
“Terakhir sih, harus jaga jarak. Kalau antar kendaraan jaraknya terlalu dekat, maka berpotensi membuat rem menjadi sering diinjak,” ujar Jusri.

Tak lupa, Jusri juga mengingatkan agar para pengemudi atau pemilik mobil, untuk selalu memperhatikan dan rutin memeriksa kondisi sistem rem pada mobilnya masing-masing.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes