081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

DI JASA APLIKASI PENGGATI GOLIFE

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

KEBIASAAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT MENYALAKAN MESIN


Servis Mobil Surabaya - Beberapa dari Anda mungkin terbiasa melakukan ritual mematikan AC saat hendak mematikan maupun menyalakan mesin mobil. Saat akan menyalakan mesin, AC dalam kondisi mati dianggap dapat mengurangi beban kerja aki dalam memutar mesin.

Ada juga beberapa kebiasaan lain yang dianggap berbahaya saat menyalakan atau mematikan mematikan mesin. Apa saja itu?

Terlihat sepele, tapi soal mematikan mesin mobil ternyata tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda perlu tahu, bahwa mematikan mobil dengan cara yang benar adalah merupakan bagian dari perawatan mesin mobil.

Berikut beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari saat akan mau menyalakan atau mematikan mesin kendaraan.

1. Putaran Mesin Tinggi

Jangan mematikan mesin saat putaran mesin sedang tinggi. Kesalahan besar jika Anda menginjak gas, lalu secara mendadak mematikan mesin mobil saat putaran mesin masih tinggi. Mengapa? Karena saat putaran mesin tinggi, piston masih bergerak naik-turun dengan cepat dan masih mengembang.

Pergerakan ini menjadikan piston dan komponen lain memerlukan pelumasan dari oli mesin. Jika mesin mendadak dimatikan maka pelumasan akan berkurang.

Akibatnya komponen-komponen yang bergerak di dalam mesin akan mengalami keausan. Oleh karena itu sebaiknya tunggu hingga putaran mesin idle secara konstan beberapa saat, barulah mematikan mesin mobil.

2. AC Terus Menyala

Membiarkan AC terus menyala saat menghidupkan dan mematikan mesin juga berbahaya. Mematikan mesin mobil saat AC masih menyala akan mempengaruhi kompresor AC. Mesin yang dimatikan saat kompresor AC masih berputar akan menimbulkan hentakan pada kompresor AC yang masih bekerja.

Terus-menerus melakukan hal ini dapat membuat kompresor AC lebih cepat rusak. Jadi, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin. Pastikan juga AC dalam kondisi mati sebelum menyalakan mesin mobil.

3. Audio Menyala

Membiarkan audio menyala juga bisa berakibat buruk ketika mematikan dan menghidupkan mesin. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungannya? Kebiasaan membiarkan audio menyala saat mematikan mesin bisa memperpendek usia pakai sistem audio mobil.

Ketika mematikan mesin dan sistem audio masih menyala, maka otomatis audio akan langsung menyala saat mesin mobil di starter kembali. Pada saat mesin mobil kembali dinyalakan, sistem audio mobil mendapatkan tegangan dari baterai atau aki yang kurang stabil sehingga dapat merusak komponen-komponen di dalamnya.

Karena itu sebelum mematikan mesin, ada baiknya seluruh kelistrikan, terutama audio, sudah dimatikan agar komponen-komponennya dapat bertahan lebih lama. Jadi, sudah paham bukan bahaya kebiasaan saat menyalakan atau mematikan mesin? Semoga Bermanfaat!

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes