081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

Service mobil Surabaya Mitra Mulya Sejati

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

Cara Membuka Tutup Bensin Mobil yang Belum Banyak Diketahui


Servis Mobil Surabaya - Tutup tangki bensin mobil. Foto/Istimewa.Jakarta – Pernah nggak sih kalian melihat orang kebingungan pada saat hendak mengisi bensin mobil di SPBU? Rasanya beberapa orang ini sedikit kebingungan untuk bisa membuka tutup bensin mobil. Ternyata masih banyak juga nih orang yang belum paham tentang cara membuka tutup bensin mobil. Memang, tak semua mobil memiliki prinsip yang sama untuk membuka penutup bensinnya ini.

Kenapa hal ini cukup menarik untuk dibahas? Karena ternyata masih banyak juga orang yang belum bisa mengetahui cara membuka tutup bensin. Carmudi Indonesia ingin mencoba membahas sedikit cara membuka tutup bensin mobil untuk beberapa mobil. Mobil-mobil yang akan kami bahas merupakan mobil yang cukup banyak beredar di jalanan. Karena penggunanya yang banyak, maka cukup seru untuk dibahas.

Sebelum benar-benar mengetahui caranya, sebelumnya kita wajib tahu juga cara mengetahui posisi tangki. Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) punya sedikit tipsnya nih. Ia punya beberapa cara yang bisa dijadikan indikator mengetahui letak posisi tangki. Kadang masih banyak juga nih yang belum bisa membedakan antara tangki di sebelah kanan atau kiri.

“Jadi ada yang pakai tanda panah. Kalau tanda panahnya ke arah kiri berarti tangkinya ada di sebelah kiri. Berlaku sebaliknya. Tapi ada juga sebagian mobil yang ngasih tau indikatornya pakai gambar stasiun bensin. Kalau posisinya di kanan, berarti tangki mobilnya ada di sebelah kanan. Begitu juga sebaliknya,” kata Anjar. Cara ini bisa dijadikan patokan dalam menentukan letak tangki mobil. Jadi, kalian bisa mengetahui dengan cepat letak posisi tangkinya.

Model Pembuka Tutup Bensin Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di awal. Setiap jenis mobil memiliki cara pembuka tutup bensin yang berbeda-beda. Kira-kira model apa saja yang kerap ditemui di beberapa mobil? Ada beberapa model mulai dari tuas yang ditarik, memakai tombol yang ditekan, memakai anak kunci, laci tanpa kunci dan menekan kap penutup tangki. Beberapa model di atas tersebut merupakan model yang kerap ditemui di beberapa bagian mobil.

Model dengan Penarik Tuas


Salah satu cara membuka tutup bensin mobil yang sering ditemui adalah memakai tuas. Caranya adalah dengan menarik tuas berlogo selang SPBU yang ada di beberapa bagian. Terkadang tuas ini terletak di bagian bawah jok, atau di bawah dashboard. Mobil-mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) biasanya memakai jenis ini. Sebut saja Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Brio, Honda Mobilio, dan mayoritas mobil lainnya.

Namun, ada beberapa mobil lain yang memiliki letak tuas sedikit berbeda. Toyota Kijang Innova contohnya. Mobil MPV premium ini memiliki letak tuas tutup bensin di bagian bawah dashboard. Tuas tutup bensin ini bersebelahan dengan tuas pembuka kap mesin. Untuk model tuas seperti ini hanya membutuhkan cara menarik tuas yang ada. Tuas yang bergambar selang SPBU ini hanya perlu ditarik ke atas dan penutup tangki akan otomatis terbuka. Selain memakai tuas, ada juga nih yang pakai tombol.

Model dengan Menekan Tombol

Kira-kira mobil apa saja yang memakai tombol seperti ini? Ada nih, salah satu mobil yang memakai model tombol ini. Wuling Confero adalah salah satu mobil yang memakai jenis tombol. Mobil berjenis LMPV ini memakai tutup pembuka bensin dengan cara menekan tombol. Cukup menekan tombol berlogo selang SPBU ini bisa dengan mudah dibuka. Model pembuka tutup bensin dengan tombol seperti ini menjadi salah satu hal yang unik. Saat kebanyakan mobil memakai tuas, Wuling Confero hadir memakai tombol.

Tombol atau tuas pembuka mulut tangki bensin

Letak tombol pembuka tutup bensin Wuling Confero ini berada di dashboard. Tepatnya di sebelah kanan dari bawah bagian setir. Tombol ini cukup mudah untuk dijangkau, jadi gak perlu khawatir kebingungan deh buat ngebuka tutup bensin. Selain kedua model di atas, masih ada lagi nih model pembuka tutup bensin dengan sistematis yang cukup unik. Yakni dengan memakai anak kunci. Hehehe, kedengeran cukup jadul banget ya? Tapi memang masih ada beberapa mobil yang masih memakai model ini.

Model dengan Memakai Kunci

Model pembuka tutup bensin dengan memakai kunci sebenarnya sudah mulai ditinggali, karena dianggap kuno. Selain kuno, cara membuka tutup bensin dengan kunci ini cukup merepotkan karena harus membawa kunci untuk membuka. Tapi masih ada beberapa mobil yang masih memakai cara ini. Suzuki APV, Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max masih memakai pembuka dengan kunci. Kendati dianggap ketinggalan jaman, tapi sebenarnya model ini juga masih ada kelebihan lainnya.

Tutup tangki memakai anak kunci

Kelebihan lain dari pembuka tutup bensin model ini adalah keamanan yang lebih terjamin. Karena tutup bensin baru bisa dibuka saat pengunci sudah dibuka memakai anak kunci. Jadi, tak sembarang orang bisa membuka penutup bensin model ini. Apalagi buat kalian yang mau mengambil bensin, bakalan bisa gigit jari nih karena nggak bisa dibuka begitu aja hehehe.

Model dengan Menekan Kap Penutup Bensin

Mobil Eropa menjadi salah satu mobil yang biasanya punya beberapa hal unik dari mobil Asia. Seperti tuas lampu sein di sebelah kiri contohnya. Selain itu, ada juga hal unik lainnya. Yakni cara membuka penutup tangki bensin pada mobil. Mobil Eropa biasanya memakai metode pembuka tutup tangki bensin dengan cara ditekan. Ditekan? Gimana maksudnya ya?

Untuk membuka penutup bensin mobil Eropa, biasanya sang pengendara hanya perlu menekan kap tutup bensinnya saja. Mobil Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz, Audi, Volkswagen, Alfa Romeo, FIAT dan beberapa merek mobil Amerika juga demikian. Cara untuk membuka penutup bensin dari beberapa merek Eropa ini hanya perlu menekan saja. Pengendara biasanya diharuskan mematikan mesin, lalu dilanjutkan dengan membuka kunci central lock.

Tutup tangki bensin mobil

Setelah mobil dalam keadaan tidak terkunci, kap penutup bensin dari mobil ini baru bisa dibuka. Tekan saja, lalu kamu sudah bisa melakukan pengisian bahan bakar. Jika kondisi mesin masih menyala dan kunci central lock masih dalam keadaan ON, biasanya tidak akan bisa membuka. Karena ini adalah salah satu fitur keamanan yang ada di merek mobil Eropa. Agar pengendara mematikan mesin dan berada dalam kondisi yang aman pada saat hendak mengisi bahan bakar.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes