081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tepat untuk Anda

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

DIJASA APLIKASI JASA

DIJASA APLIKASI JASA
PROMO CASHBACK 50 RIBU

TIPS RAWAT MOBIL TANPA TOOLKIT


Servis Mobil Surabaya - Mobil menjadi alat transportasi andalanmasyarakat Indonesia. Kondisi mobil yang prima dan sehat menjadi dambaan setiap pemiliknya. Untuk menjadikan mobi tersebut tetap prima, harus dirawat setiap saat.

Jika waktu servis ke bangkel belum waktunya, Anda bisa melakukan perawatan mobil sendiri, tanpa harus memegang toolkit atau kain lap. Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Peugeot memberikan tiga cara mudah merawat mobil.

1. Membaca Indikator di panel meter

Merawat mobil bisa diawali dengan melihat lampu indikator pada panel speedometer. Dalam kondisi normal, ketika kunci kontak posisi On, biasanya semua lampu akan menyala. Lalu dalam beberapa detik beberapa akan mati dan hanya tersisa lampu aki, mesin, rem tangan dan sabuk pengaman.

Menurut Samsudin, jika mesin sudah nyala, idealnya semua lampu akan padam. Kecuali lampu rem tangan jika masih aktif atau lampu sabuk pengaman jika belum diaktifkan. Tapi jika ada salah satu lampu yang tetap nyala padahal harusnya mati, itu tandanya ada komponen bermasalah dan harus segera dicek serta diperbaiki. kalau diabaikan, akan mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan, juga sistem computerized pada mobil itu," jelasnya.

2. Kedua menurutnya adalah melakukan pengecekkan kondisi knalpot

Sesekali injak pedal gas lebih dalam. Untuk memastikan tidak ada yang menyumbat aliran pembuangannya. Langkah ini efektif untuk mobil lama. Agar aliran gas buang selalu lancar, sesekali pacu mesin mobil dengan putaran tinggi. Karena mobil yang telah lama digunakan akan terdapat kerak pada lubang pembuangan hingga catalitic converter.

"Makanya untuk menghilangkan kerak-kerak tersebut caranya adalah dengan memacu mesin, tujuannya agar kerak dapat keluar melalui moncong knalpot. Trik ini menurutnya bisa dilakukan 2 minggu sekali buat kendaraan jarang jalan dan 1 bulan sekali buat kendaraan yang mobilitasnya tinggi.

3. Penuhi tangki bensin untuk menghindari korosi

Hal ini mungkin terlihat sepele, apalagi masih ada pemilik mobil yang ternyata tidak pernah mengisi tangki bensinya dengan penuh. Menurutnya jarang mengisi full tangki bensin dapat menyebabkan bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi kotoran, kerak hingga munculkan korosi.

4. Isi tangki mobil hingga full, bisa menjaga mobil dalam kondisi prima

Risiko adanya kotoran dan kerak tersebut dapat tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Oleh sebab itu sesekali isi penuh tangki bensin mobil anda agar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes