081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

DI JASA APLIKASI PENGGATI GOLIFE

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

BEBERAPA HAL YANG BISA BIKIN CAT MOBIL JADI CEPAT KUSAM


Servis Mobil Surabaya - Cat pada bodi mobil merupakan komponen yang tak luput dari potensi pudar dan kusam, bila tak dirawat secara rutin. Efek negatifnya tentu saja mobil kesayangan Anda jadi tak enak dipandang mata, bahkan bisa menurunkan harga jualnya.

Menghindari hal tersebut, pemilik mobil baiknya perlu memahami faktor penyebab menurunnya kualitas cat mobil. Supaya mobil tetap mengkilap dan kinclong.

Sudrajat, Service Manager Body and Paint Setiajaya Toyota, Sukmajaya, Depok, menjelaskan beberapa tips kepada kumparan agar cat mobil tak pudar, bahkan berjamur. Simak baik-baik.

1. Terpapar Terlalu Lama di Bawah Sinar Matahari

Paparan sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet (UV) yang dapat mengikis lapisan cat mobil.

"Ketika mobil terlalu lama di parkir atau berada di tempat yang panas itu bisa mempengaruhi kualitas cat," kata Belly.

2. Terkena Air Hujan dan Tak Segera Dibilas

Jangan biarkan air hujan mengering di bodi mobil karena sifat air hujan yang asam dapat menyebabkan jamur muncul di bodi mobil. Jamur bahkan bisa menempel pada kaca sehingga terlihat tidak jernih.

"Jamur menyebabkan cat jadi pudar. Kalau pernah lihat kaca mobil ketika di-wiper tidak jernih. Nah itu kacanya juga berjamur," ujar Belly.

Menurut Belly, jamur akan lebih cepat tumbuh pada bodi mobil yang jarang dicuci, namun sering terpapar panas dan hujan.

"Kalau sering kena panas dan hujan, lalu jarang dicuci, Tak sampai tiga bulan juga udah berjamur," jelas Belly.

3. Cuci Mobil Tidak dengan Sampo Khusus

Menurunnya kualitas cat pada bodi mobil juga dipengaruhi dari proses perawatan yang salah. Biasanya ini terjadi ketika mobil dicuci dengan cairan pembersih yang tidak semestinya.

"Kadang ada pembersih yang bisa merusak cat, biasanya karena pH balance-nya terlalu tinggi, sehingga tidak bagus juga untuk cat mobil," lanjut Belly.

Belly mengatakan, sudah banyak produk sampo khusus mobil yang pH balance-nya disesuaikan, dan bagus untuk cat mobil. Ia mengimbau, jangan mencuci mobil dengan sabun deterjen, karena memiliki konsentrat yang berbeda.

Pada saat mencuci dan memberikan sampo ke mobil, usahakan langsung dibilas dan jangan dibiarkan terlalu lama. Apalagi mencuci mobil di tempat terbuka dan terpapar sinar matahari.

Untuk bodi mobil yang sudah telanjur berjamur, Belly menyarankan jangan membiarkannya terlalu lama. Sebab, jamur lambat laun akan mengeras dan menjadi kerak sehingga sulit dibersihkan.

"Jamur itu kan tumbuhnya di lapisan clear coat pada cat mobil, nah itu yang dibersihkan. Itu pun dengan catatan jamur yang tumbuh tidak terlalu lama dan berkerak, kalau dibiarkan akan sulit hilang," pungkasnya.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes