081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tepat untuk Anda

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

DIJASA APLIKASI JASA

DIJASA APLIKASI JASA
PROMO CASHBACK 50 RIBU

CARA MERAWAT RADIATOR MOBIL


CARA MERAWAT RADIATOR MOBIL


Bengkel Mitra Mulya Sejati, Raya Kendangsari No.28, Surabaya


Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara merawat radiator mobil. Merawat radiator mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan radiator merupakan salah satu komponen utama dalam system pendinginan. Sistem pendingin suhu mesin mobil pada dasarnya didukung oleh tiga hal berikut ini : cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Ketiga komponen tersebut saling terkait satu sama lain dan elemen yang paling menentukan bagi efisiensi kinerja mobil. Radiator berfungsi sebagai tempat cairan didinginkan dan sebagai penampung utama. Oleh karena itu, kondisi radiator harus benar benar terjaga dan terawatt dengan baik. Sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan radiator, baik bagian dalam maupun luar.

Pentingnya fungsi radiator ini nyatanya masih sering terabaikan oleh sebagian orang. Padahal jika radiator tidak terawat dengan baik, kualitas mesin mobil akan lebih rentan rusak. Jika anda ingin mengetahui tips cara merawat radiator mobil, anda bisa membaca informasi lebih lanjutnya dibawah ini :

1.       Perhatikan volume air pada radiator
Salah satu tips cara merawat radiator mobil adalah dengan memperhatikan volume air pada radiator. Masalah yang terjadi pada setiap mobil adalah seringnya temperature mesin meningkat drastic atau yang familiar dengan istilah overheat. Hal ini dikarenakan kurangnya volume air pada radiator mobil anda.
Ketika volume air pada radiator kurang akan menyebabkan tekanan pada pertutup radiator dan memberikan tekanan yang disalurkan pada reservoir atau tabung cadangan air pada radiator, dengan tekanan tersebut, system radiator akan menimbulkan terjadinya vakum.
Sebaliknya, jika tekanan atau temperature mesin menurun, maka vakum tersebut akan menghisap air radiator kembali. Ada baiknya anda tahu bahwa batas aman volume air pada radiator adalah pada kondisi di tengah tengah indicator full dan low. Jadi jangan lupa untuk selalu mengecek volume air pada radiator mobil anda ya.

2.       Bersihkan atau kuras radiator secara rutin
Salah satu tips cara merawat radiator mobil adalah rutin membersihkan atau menguras tangki radiator. Menguras tangka radiator bertujuan agar tangka terhindar dari korosi pada komponen komponen yang terbuat dari logam. Untuk menguras tangka radiator mobil, anda dapat melakukanya minimal dalam waktu 2 minggu sekali. Manfaat membersihkan tangka radiator secara rutin adalah akan membuat temperature mobil anda terjaga dengan baik dan terhindar dari masalah yang umumnya terjadi seperti overheat.

3.       Hindari pemakaian air keran
Salah satu tips cara merawat radiator mobil adalah dengan menghindari pemakaian air keran pada radiator mobil anda. Air keran memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan dapat berdampak pada terjadinya korosi pada tangka radiator mobil.

4.       Gunakan Radiator Coolant
Jika harus menghindari pemakaian air keran, maka solusi utama dalam menjaga radiator mobil adalah dengan menggunakan radiator coolant. Selain memang dikhususkan untuk menjaga temperature  mesin mobil, radiator coolant berfungsi untuk mengangkat kotoran dan karat yang menumpuk di tangka radiator. Pilihlah jenis radiator coolant yang cocok untuk mobil anda

5.       Jangan lupa tutup radiator
Pastikan tutup radiator mobil anda dengan rapat sehingga cairan radiator coolant tidak bocor saat menahan temperature mesin yang panas. Selain tutup radiator, beberapa hal penting juga harus dilakukan pengecekan terakhir untuk memastikan istem radiator mobil anda telah terjaga dengan baik. Sebut saja, saluran air radiator dan reservoir atau tabung cadangan air pada radiator. Karena hal hal kecil seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang



Jika ada masalah pada mobil anda, jangan khawatir anda langsung saja ke bengkel kami yang beralamat di Jl. Raya Kendangsari No.28, atau jika anda tidak bisa datang langsung ke bengkel kami anda bisa hubungi kami, dan mekanik siap meluncur ke tempat anda

Admin
08113465899

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes