081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tepat untuk Anda

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

DIJASA APLIKASI JASA

DIJASA APLIKASI JASA
PROMO CASHBACK 50 RIBU

Solusi Mengatasi Masalah Aki di Jasa Servis Mobil Surabaya

Fungsi, Cara Merawat, Penyebab Kerusakan, dan Solusi Mengatasi Masalah Aki di Jasa Servis Mobil Surabaya




Fungsi, Cara Merawat, Penyebab Kerusakan, dan Solusi Mengatasi Masalah Aki di Jasa Servis Mobil Surabaya. Mobil adalah kendaraan pribadi yang paling banyak diminati era ini. Hal ini karena mobil memungkinkan untuk membawa lebih banyak penumpang dibandingkan dengan kendaraan roda dua. Itu sebabnya, banyak orang kini beralih menggunakan mobil sebagai kendaraan keluarga

Selain dapat membawa lebih banyak orang, ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan mobil. Salah satunya adalah kenyamanan lebih baik karena tidak terkena sengatan panas maupun risiko kehujanan. Sehingga karena itu, mobil menjadi kendaraan yang praktis dan nyaman digurnakan. Meski begitu, seperti kendaraan bermotor lainnya, mobil juga memerlukan perawatan yang ekstra. Salah satunya adalah perawatan khusus pada aki, komponen kelistrikan yang berguna sebagai pemasok energi listriknya ini.

Fungsi Utama Aki/Accu pada Kendaran

Aki merupakan salah satu komponen yang penting pada kendaraan bermotor, tidak terkecuali pada mobil. Oleh karenanya, untuk mendapatkan kenyamanan dalam berkendara accumulator atau yang juga dikenal dengan kependekan accu ini harus berada dalam kondisi yang prima. Memastikan aki mobil dalam keadaan prima bisa dilakukan dengan memanfaatkan jasa servis mobil Surabaya. Ini dilakukan mengingat fungsi utama accu atau aki dalam kendaraan ialah untuk kepentingan berikut ini.

Sebagai sumber listrik untuk lampu, klakson, dan aksesoris kendaraan lainnya

Aki merupakan komponen kelistrikan yang paling penting dan harus ada dalam kendaraan. Komponen yang satu ini fungsinya ialah sebagai penyedia dan penyimpan kebutuhan energi listrik. Di antara kebutuhan energi tersebut digunakan sebagai sumber listrik untuk lampu mobil, klakson, dan sumber listrik bagi aksesoris mobil lainnya.

Sebagai komponen penstabil tegangan pada kendaraan
Selain sebagai sumber listrik, fungsi utama aki yakni sebagai komponen penstabil tegangan pada kendaraan. Hal ini karena dalam menjalankan fungsi penyimpanan daya, accumulator ini terdiri atas komponen kepala aki positif dan kepala aki negatif. Sedangkan ketika menjalankan proses recharge ketika mesin dihidupkan maupun proses discharge, akan terjadi aliran atau arus listrik dari kedua kutub tersebut. Untuk memastikan fungsi aki berjalan normal, dapat dilakukan dengan memanfaatkan jasa servis mobil Surabaya yang ada.

Cara Merawat Usia Penggunaan Aki/Accu pada kendaraan

Untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara, tentunya menjaga kondisi aki dalam keadaan prima adalah langkah yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk memastikan komponen kelistrikan yang satu ini berfungsi dengan optimal. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat aki supaya tahan lama.

Memeriksa ketahanan daya dan cairan elektrolitnya
Cara merawat usia penggunaan aki atau accumulator yang pertama adalah dengan rutin memeriksa kondisi daya yang dimiliki aki. Ini dilakukan dengan bantuan alat yakni battery load tester yang akan menunjukkan seberapa besaran daya aki tersebut. Selain itu, perlu dilakukan pengecekan berkala di jasa servis Surabaya lainnya adalah cairan elektrolitnya. Jika kendaraan mengandung terlalu banyak cairan elektrolit, maka segerakan mengisi ulang. Sebaliknya, jika kelebihan dari kebutuhan standart, cairan tersebut harus dibuang.

Rutin memanaskan mobil
Cara merawat usia penggunaan aki berikutnya adalah dengan rutin memanaskan mobil. Aki bisa terkuras habis dengan sendirinya karena proses self discharge yang terjadi ketika mobil tidak sering digunakan. Oleh karenanya, cara praktis untuk merawat usia aki adalah dengan rutin memanaskan mobil, terlebih jika mobil akan digunakan untuk perjalanan jauh.

Tidak menyalakan AC dalam keadaan mesin mati
Upaya perawatan aki mobil yang terakhir adalah dengan tidak menyalakan AC dalam keadaan mesin mobil mati. Ini dilakukan sebagai pencegahan mobil tetap bekerja dalam kondisi panas. Oleh karena itu, tidak menyalakan AC dapat menjadi salah satu upaya untuk memperpanjang masa aki dapat digunakan. Sementara itu, keluhan terhadap masalah yang ditimbulkan ini juga dapat diatasi oleh teknisi-teknisi profesional di jasa servis mobil Surabaya.

Penyebab Kerusakan pada Aki/Accu pada Kendaraan

Selain mengetahui berbagai cara merawat aki, sangat perlu untuk mengetahui berbagai hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kelistrikan ini. Karena dengan mengetahui beberapa penyebab kerusakan ini akan mengarah pada upaya mencegah kerusakan atau memendeknya usia penggunaan aki kendaraan tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab memendeknya usia penggunaan accumulator.

Mobil terlalu sering digunakan
Salah satu penyebab memendeknya masa pakai aki ialah karena mobil yang terlalu sering digunakan. Sebab aki juga berpotensi mudah rusak karena intensitas penggunaan yang terlalu sering. Hal ini karena penggunaan kendaraan secara berkelanjutan tanpa memeriksa cairan elektrolitnya dapat membuat aki menjadi kering. Oleh karena itu, untuk mencegah kerusakannya dapat dilakukan dengan mengecek daya aki dan cairan elektrolitnya secara berkala di jasa servis mobil Surabaya.

Mobil jarang digunakan
Selain karena intensitas penggunaan mobil yang terlalu sering, penyebab memendeknya masa pakai aki adalah karena mobil yang jarang digunakan. Hal ini seperti halnya ketika manusia tidur dan metabolisme tubuhnya tetap berjalan, fungsi aki dalam kendaraan ini pun juga demikian. Sebab meski dalam keadaan mati, suplai energi listrik dari aki tetap berjalan. Inilah yang kemudian jika kapasitas kelistrikannya tidak optimal dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil yang paling penting ini.

Kelalaian pemilik mobil merawat komponen kelistrikan ini
Selain dua hal tersebut, kerusakan atau pendeknya daya pakai pada aki mobil juga dapat terjadi karena kealpaan pemiliknya. Hal ini karena seringkali pemilik mobil lupa mematikan aksesoris mobil seperti AC yang mengonsumsi listrik secara signifikan dalam waktu yang lama. Ini dikarenakan kelupaan tersebut bukan hanya berakibat pada penggunaan energi listrik yang cuma-cuma namun dapat berakibat pada penurunan masa penggunaan aki. Jika mobil menunjukkan tanda-tanda kerusakan, maka segerakan ke bengkel atau menghubungi penyedia jasa servis mobil Surabaya.

Solusi Mangatasi Aki/ Accu yang Bermasalah

Mengingat accumulator atau aki ini adalah komponen yang penting pada kendaraan, maka komponen yang satu ini harus selalu dalam kondisi prima. Oleh karenanya, berbagai upaya perawatan untuk mencegah kerusakan maupun berpotensinya mengurangi daya guna aki harus dilakukan. Meski demikian, jika aki menunjukkan gejala-gejala yang tidak nyaman pada mobil, Anda dapat segera mencari layanan bengkel mobil maupun jasa servis panggilan yang ada di sekitar Anda.

Ini dikarenakan saat ini, Anda tidak perlu susah-susah mencari bantuan untuk menangani masalah pada mobil. Sebab masalah tersebut dapat ditangani oleh teknisi-teknisi andal di jasa servis mobil surabaya carport.id. Keuntungan lainnya ialah jasa ini selain melayani customer dari wilayah Surabaya juga melayani pelanggan dari wilayah yang berbatasan langsung dengan Surabaya yakni Gresik dan Sidoarjo.

Menggunakan jasa servis mobil surabaya carport.id ini bisa bisa didapatkan dengan mudah yakni dengan cara menelpon, dan mengisi form order yang dikirim melalui WhasApp. Layanan 24 jam ini tidak hanya melayani urusan aki, namun juga melayani keluhan seperti ganti oli, tune up mesin, mengganti kopling hingga keluhan berat seperti mengganti mesin.

Paparan mengenai kegunaan utama aki, dan upaya yang dapat dilakukan untuk merawat usia pakai aki tentunya menjadi pemahaman penting bagi pengendara. Hal ini karena keselematan dan keamanan ketika berkendara, salah satunya dipengaruhi oleh berjalannya fungsi aki ini dengan baik. Sebaliknya, jika mulai ditemukan tanda-tanda kerusakan pada aki, sebaiknya segera dikonsultasikan dengan montir atau jasa servis mobil Surabaya jika Anda berada di selingkung wilayah terdekat.

Jika ada masalah pada mobil anda kami bengkel Mitra Mulya Sejati siap membantu dan melayani anda dengan sepenuh hati. Hubungi contact di bawah jika anda perlu bantuan
Contact Person
08113465899

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes