081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

DI JASA APLIKASI PENGGATI GOLIFE

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

Tips Memeriksa Oli Power Steering



Alamat Service Mobil Surabaya Mitra Mulya Sejati
Jalan Raya Kengsari No 28, Tenggilis Mejoyo,Surabaya Jawa Timur 60292
Jalan Margorejo I D No.89, Margorejo, Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60238
https://goo.gl/maps/1uNUbDMuP642



Memeriksa Oli Power Steering

Cara kerja oli power steering pada mesin generasi sebelumnya yaitu komponen pengolah tenaga kemudi (power steering) menggunakan putaran mesin. Oli power steering untuk memompa sistem hidraulis dan menjadikannya tenaga tambahan ketika setir diputar. Pendomplengan putaran mesin tersebut tentunya membuat kerja mesin bertambah. Untuk alasan ini maka para teknisi di industri otomotif menciptakan teknologi Electric Power Steering (EPS). Komponen elektrik ini menggantikan sistem pompa hidraulis menjadi sistem berbasis motor elektrik untuk membantu mengolah tenaga untuk memutar kemudi. Dimana Electric Power Steering (EPS) ini sudah tidak menggunakan motor untuk membantu menggerakkan kemudi steer, tetapi sudah menggunakan elektrik. Perawatan berkala power steering, perawatan sistem power steering.



Sistem Kerja Power Steering

Sistem power steering terdiri dari beberapa bagian, yaitu rack dan pinion yang digerakkan oleh oli yang bertekanan. Dari pompa power steering yang akan membantu putaran setir. Tabung yang berisi oli di atas pompa (Jika tidak cukup oli, setir akan lebih berat dan pompa atau rack dan pinion bisa rusak karenanya). Makanya kita harus selalu memeriksa apakah sistem kerja power steering bekerja dengan baik apa tidak. Karena penting untuk selalu memeriksa ketinggian oli power steering dan tambahkan jika perlu.
Kami akan memberikan penjelasan mengenai oli power steering secara keseluruhan yang mudah dan lengkap. Khusus untuk Anda berikut adalah 6 (enam) langkah mudah untuk memeriksa power steering pada mobil Anda.



Cari Tabung Oli

Cari tabung oli, Jika Anda kesulitan memutar setir atau ada suara bising saat Anda memutar setir, ada kemungkinan oli power steering Anda kurang. Oli power steering bisa ditemukan pada tabung silinder dekat ujung belt power steering, dan ada tulisannya dengan jelas. Tabung ini bisa terbuat dari logam atau plastik. Jika Anda tidak bisa menemukan tabung itu, baca buku manual mobil Anda untuk mengetahui lokasinya. Meski tabung oli power steering biasanya berlokasi di tempat yang sama pada beberapa mobil, namun mobil baru mungkin memiliki posisi berbeda.



Periksa Ketinggian Oli Power Steering

Periksa ketinggian oli power steering, Jika tabung terbuat dari plastik yang tembus pandang, Anda bisa melihat ketinggian olinya. Jika terbuat dari logam atau plastik yang tidak tembus pandang, Anda bisa memeriksa ketinggian dengan dipstick, yang terdapat pada tutupnya. Pada beberapa mobil, ketinggian oli power steering hanya bisa diperiksa dengan akurat setelah mesin menyala beberapa saat, dan mungkin Anda harus memutar setir beberapa kali saat mesin menyala. Pada mobil lain, ada gradasi pada petunjuk ketinggian pada dipstick, yaitu posisi hot, saat kondisi mesin panas, dan cold, saat mesin dingin. Mungkin juga pada mobil lain hanya ada Min dan Max. Pastikan untuk memeriksa ketinggiannya sesuai tanda.
Periksa, sedalam apa dipstick terkena oli, Jika Anda menggunakan dipstick, angkat dan lap dulu oli yang terdapat pada dipstick, dan kemudian masukkan kembali dan periksa kembali.



Periksa Warna Oli

Periksa warna oli, Oli yang baik harus bening, berwarna oranye atau agak pink. Jika oli berwarna coklat atau hitam, artinya oli telah terkontaminasi dengan karet-karet dari slang, atau seal dan ring. Dalam hal ini , mobil harus dibawa ke bengkel untuk memeriksa kerusakan power steering lebih lanjut, apakah perlu diganti atau tidak. Oli power steering akan terlihat lebih gelap dari seharusnya. Jika Anda ragu, lihat warna oli yang Anda seka dengan lap atau tissue. Jika warnanya jernih, oli tidak terkontaminasi.



Tambahkan Oli Power Steering Seperlunya

Tambahkan oli power steering seperlunya, sesuai kondisi mobil Anda, apakah panas atau dingin, sesuaikan dengan batas yang ada pada dipstick. Pastikan untuk menggunakan oli power steering yang benar, yaitu tingkat kekentalan yang benar untuk sistem power steering Anda. Manual pabrikan tidak menganjurkan penggunaan oli transmisi sebagai pengganti oli power steering. Ada banyak sekali jenis oli, dan jika Anda menggunakan oli yang salah, fungsi power steering dan tutupnya akan rusak. Hati-hati jangan sampai berlebihan. Lebih baik kurang sedikit daripada berlebihan. Karena oli power steering akan memuai saat kena panas. Jika Anda mengisi sampai penuh, saat mobil berjalan, tekanan berlebih akan bisa menimbulkan masalah.



Pasang Kembali Tutup Tabung Oli

Pasang kembali tutup tabung oli, Tergantung jenis mobil Anda, Anda mungkin harus menekannya, atau memutarnya. Pastikan sudah terpasang dengan kuat sebelum Anda menutup kap mesin. Kami menghimbau agar oli power steering seharusnya diganti sesuai petunjuk pada buku manual mobil. Panas dari mesin akan mengurangi kemampuan oli untuk menjalankan tugasnya. Mengganti oli lebih murah daripada mengganti sistem power steering yang rusak.
Anda harus tau bahwa oli power steering sudah harus diganti saat kendaraan mencapai jarak tempuh sebesar 50.000 km atau max 1 (satu) tahun. Untuk mendapatkan power steering oil atau oli power steering Anda tidak perlu khawatir akan sulit mendapatkan yang berkualitas dan sesuai dengan mobil Anda. Karena Kami menyediakan power steering oil dengan kualitas yang terjamin khusus untuk Anda.



Lakukan Pemeriksaan Berkala

Lakukan pemeriksaan tersebut secara berkala minimal seminggu sekali atau sesuai dengan buku petunjuk service kendaraan Anda, karena untuk mengindari kerusakan yang parah pada Power Steering dan agar nyaman dalam berkendara. Berikut ini adalah cara pemeriksaannya:



Langkah Pemeriksaan Power Steering

Lakukan pemeriksaan disaat mesin dalam kondisi tidak hidup atau permukaan cairan dalam kondisi dingin,
Buka penutup reservoar yaitu buka penutup reservoar dan perhatikan tanda yang bisa Anda temukan pada tabung reservoir.
Tambahkan cairan bila memang berada dibawah batas yang terdapat pada reservoar. Gunakanlah jenis cairan sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada buku service kendaraan Honda Anda.
Pengisian atau penambahan cairan yang melebihi batas ketentuan, sangat tidak dianjurkan karena hanya akan membuat kebocoran pada power steering itu sendiri.

Semoga bermanfaat……

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes