081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

DI JASA APLIKASI PENGGATI GOLIFE

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

Cara Service Mobil Sendiri


Cara Service Mobil Sendiri
Agar Kita memiliki mobil yang nyaman dan tidak rewel, tentunya kita diharuskan untuk service ataupun merawat mobil kesayangan kita.Oleh karna itu kita harus memiliki Pengetahuan tentang service mobil. khususnya pengemudi yang baru.
Kalau bisa sendiri kenapa tidak dilakukan? Kalau lagi mager bisa hubungi kita di 08113465899


Alamat Service Mobil Surabaya Mitra Mulya Sejati
Jalan Raya Kengsari No 28, Tenggilis Mejoyo,Surabaya Jawa Timur 60292
Jalan Siwalankerto timur IV no 22 Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60238


Yuk kita simak ulasan berikut ini.


1.     Ganti Ban

Sebelum mengganti ban mobil, ada satu hal yang perlu menjadi catatan. Saat ban mobil bocor atau tiba-tiba kempes, jangan langsung berhenti. Perhatikan kondisi sekitar terlebih dahulu dan carilah tempat yang aman untuk berhenti. Ini dilakukan demi keamanan Anda dan pengguna jalan lainnya. Setelah itu, barulah Anda bisa mulai mengganti ban mobil Anda. Berikut beberapa langkah mengganti ban mobil.

A.     Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan
Anda tentu tidak dapat mengganti ban tanpa peralatan yang memadai. Setelah menepikan kendaraan di tempat yang aman dan menyalakan lampu hazard, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan mulai dari dongkrak mobil, kunci roda hingga ban cadangan. Ketiga peralatan tersebut harus selalu dibawa dan siap di dalam bagasi Anda. Dan saat dibutuhkan, Anda bisa langsung mengeluarkannya.
Sebaiknya persiapkan dan letakkan semua peralatan tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Ini dilakukan agar nantinya Anda tidak perlu mondar-mandir saat membutuhkan alat-alat tersebut.

B.      Kendurkan Baut Ban
Untuk mengendurkan baut, sebelumnya buka penutup lubang baut jika memang ada. Cungkil penutup tersebut dengan obeng dan putar baut berlawanan arah jarum jam. Trik untuk mengendurkan baut dengan mudah adalah dengan mengendurkan baut yang saling berseberangan. Ulangi cara ini hingga semua baut kendur. Namun ingat, cukup dikendurkan saja. Pada tahap ini pastikan baut ban tidak terlepas.

C.      Pasang Dongkrak Mobil
Memasang dongkrak ada teknik dan triknya tersendiri, sama seperti cara ganti ban itu sendiri. Selain memasang dongkrak di dekat ban yang ingin diganti, pastikan juga untuk memasang dongkrak pada struktur yang kokoh. Titik terbaik untuk memasang dongkrak adalah pada titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda. Pastikan juga dongkrak sudah berada dalam posisi tegak lurus. Selanjutnya angkat ban dengan dongkrak tersebut hingga ban terangkat.
Ingat, saat mengangkat mobil dengan dongkrak perhatikan posisi dongkrak. Jika dongkrak terlihat miring, jangan dipaksakan. Segera turunkan dongkrak dan atur ulang posisi dongkrak tersebut.

D.     Buka Baut Ban
Setelah ban terangkat, Anda bisa mulai membuka baut ban hingga terlepas seluruhnya. Jangan lupa untuk menyimpan baut-baut tersebut. Lepas ban dari tempatnya dan letakkan ban pada tempat yang aman. Pastikan meletakkan ban pada posisi tidur agar ban tersebut tidak menggelinding.

E.      Pasang Ban Cadangan
Ambil ban cadangan dan pasang pada posisinya. Pastikan ban tersebut terpasang dengan benar. Sebagai tips mengganti ban mobil, Anda bisa memasukkan ban sambil sedikit menggoyang-goyangkannya. Cara ini akan memudahkan Anda memperoleh posisi yang tepat. Dengan cara ini, tenaga yang dikeluarkan untuk mengganti ban juga relatif tidak begitu besar.
Jika ban sudah terpasang pada posisi yang tepat, pasang baut dengan cara yang sama saat Anda mengendurkannya. Pasang baut satu per satu dengan cara bersebrangan. Tidak perlu mengencangkannya kuat-kuat. Cukup pasang hingga baut terasa mantap dan cukup keras.

F.      Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut
Ban kini telah terpasang dan baut juga sudah berada di posisinya semula. Selanjutnya, Anda bisa mulai menurunkan dongkrak. Pastikan menurunkan dongkrak secara perlahan dan hati-hati. Jika ban sudah sampai ke tanah, lepas dongkrak dan kencangkan baut satu demi satu. Kencangkan dengan menggunakan teknik yang sama seperti sebelumnya yakni dengan pola bersilang. Pada saat ini, pastikan semua baut terpasang dengan kencang. Jika perlu, Anda bisa menggunakan kaki untuk lebih meyakinkan.
Saat mengencangkan baut, pastikan kunci roda sudah terpasang dengan baik. Memutar kunci roda yang tidak terpasang dengan sempurna justru bisa merusak baut itu sendiri.

G.     Kembalikan Peralatan ke Tempat Semula
Setelah ban cadangan terpasang dengan sempurna, jangan lupa untuk mengembalikan semua peralatan ke tempatnya semula. Jangan sampai ada peralatan yang tercecer. Saat ada kesempatan, perbaiki ban mobil yang bocor tadi agar bisa digunakan kembali. Sangat penting untuk selalu memiliki ban cadangan agar Anda selalu siap jika ban mobil Anda kembali bocor.



2.     Lakukan Pengecekan Fuse Box Secara Berkala

Cara service mobil sendiri selanjutnya ialah dengan melakukan pengecekan terhadap bagian fuse boxnya. Jika radio, lampu, atau komponen listrik lainnya yang ada dalam mobil anda tidak bekerja, segera lakukan pengecekan fuse mobil anda. Caranya sangat gampang, anda hanya perlu tang, fuse cadangan dan yang terpenting anda harus membuka buku manual kendaraan anda.

Untuk apa? Karena setiap mobil memiliki lokasi fuse box yang berbeda-beda, jadi ada baiknya apabila anda membaca buku manual tersebut untuk mengetahui fuse box mobil anda berada di sebelah mana, begitupun dengan cara membuka atau menutupnya.

Jangan sampai asal bongkar ya sobat. Fuse box yang tidak berfungsi biasanya karena kebakar. Nah jika sobat sudah menentukan lokasi fuse box kendaraan anda, anda hanya perlu mengganti fuse tersebut dengan fuse yang baru tapi harus yang sejenis atau satu type ya sobat.



3.     Ganti Oli Secara Berkala Agar Mesin Tidak Terkikis Dengan Sendirinya

Agar mesin mobil tidak cepat rusak, oli perlu diganti setiap 5000 km. Cara ganti oli mobil juga tidak begitu sulit, Pertama, anda perlu mengangkat mobil dengan dongkrak yang bertujuan untuk akses mudah ke bawah mobil anda. Setelah itu kuras bekas oli yang lama, dan pastikan mengurasnya sampai bersih. Setelah itu isi dengan oli yang baru dan rapikan kembali kendaraan anda ke posisi semula. Mudah bukan?



4.     Jaga Aki Agar Tidak Kering

Peran baterai mobil untuk menyalakan mesin mobil memang sangat penting. Oleh karena itu penting untuk menjaga performanya. Anda hanya perlu memeriksa dan memastikan air elektrolit dalam baterai tersedia. Pasalnya, air yang ada dalam baterai tersebut selalu akan menguap secara perlahan setiap saat.
Itulah penyebabnya air dalam baterai anda berkurang. Untuk itu anda bisa mempelajari bagaimana cara memperbaiki aki kering mobil gs. Dan pastikan apabila anda melakukan isi ulang air elektrolit, pastikan mengisinya dengan air elektrolit yang sudah dirancang spesial untuk baterai mobil. Jangan pake air kran ya sobat.



5.     Cek Radiator Sebelum Airnya Habis

Cara service mobil sendiri berikutnya dengan melakukan pengecekan radiator. Apabila air radiator habis, maka bisa dipastikan mesin anda akan mengalami overheat dan bisa saja berujung pada kerusakan yang serius loh sobat. Untuk itu anda perlu tau cara mengganti air radiator mobil dan melakukan perawatan terhadap radiator mobil anda.
Caranya sangat gampang, anda hanya perlu memastikan dan mengecek air radiator masih ada atau tidak.  Normalnya, air radiator diganti setiap 20.000 km. Cairan yang biasanya dipakai untuk air radiator adalah cairan coolant.
Fungsi dari air radiator ini adalah sebagai pendingin, pelumas, anti karat, anti korosi dan anti kerat. Selain itu air radiator ini juga berfungsi sebagai pelumas pompa air sehingga sisitem lebih awet dan bersih. Kebayangkan sobat apa yang terjadi jika tidak ada air radiator ini dalam  mobil anda?



6.     Ganti Busi Agar Mesin Lebih Awet

Saat mobil sulit dinyalakan, hal yang pertama yang perlu anda periksa adalah busi. Ciri-ciri busi yang perlu diganti adalah busi yang terlihat melemah saat proses pengapian. Hal tersebut dapat anda rasakan ketika terdapat suara yang tidak seperti biasanya saat di starter.
Umumnya penggantian busi mobil dilakukan apabila umur penggunaan busi sudah mencapai 45.000 km, tetapi dianjurkan untuk mengganti bus mobil tersebut sebelum mencapai angka normalnya yaitu 45.000 km.



7.     Sebaiknya Cucilah Sendiri Mobil Anda Tanpa Harus Ke Car Wash

cara mencuci mobil di car wash memang lebih praktis, tetapi alangkah baiknya jika anda melakukan cuci mobil sendiri dirumah, karena dengan mencuci sendiri anda dapat melakukan pengecekan langsung kendaraan anda. Jadi jika ditemukan sesuatu yang tidak lazim, maka anda dapat  segera memperbaikinya.
Itulah sobat cara service mobil sendiri yang dapat penulis bagikan dalam artikel kali ini. Semoga sobat semua bisa merawat kendaraannya sendiri tanpa harus ke bengkel. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini. Sampai jumpa dilain kesempatan.



Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes