081293353358 SERVIS MOBIL SURABAYA

Jasa Servis Mobil Honda 24 Jam Sawunggaling

SERVIS MOBIL SURABAYA 08113465899

Cara Mengenali Sparepart Mobil Asli Atau Palsu


ADI 10.jpg
5 Cara Mengenali Sparepart Mobil Asli Atau Palsu - Penjualan mobil di Indonesia masih dapat dikatakan tergolong sangat banyak. Beragam model dan jenis ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan hal tersebut tentunya kebutuhan suku cadang juga otomatis juga akan mengalami peningkatan. Melihat hal tersebut, beberapa oknum ikut menjajakan suku cadang palsu tapi mengaku asli. Lantas bagaimana cara membedakan antara sparepart mobil asli atau palsu?
Pada saat seseorang mendapatkan sparepart palsu tentunya hal yang sangat merugikan. Hal tersebut dikarenakan uang yang harus dikeluarkan seperti aslinya dan juga tergolong membahayakan. Supaya tidak tertipu saat akan membeli sparepart, pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 5 Cara Mengenali Sparepart Mobil Asli Atau Palsu. Jadi, setelah membaca tulisan ini semoga Anda tidak tertipu lagi ya. Dan berikut 5 cara mengenalinya!
  1. Memeriksa Kode dan Nomor Serinya
Adapun cara pertama yang dapat dilakukan untuk membedakan antara sparepart mobil asli atau palsu adalah dengan melihat kode dan nomor serinya. Jadi barang yang dijual di bengkel resmi akan ada nomor seri tertentu. Nomor tersebut juga terdaftar pada katalog resminya, apabila terasa ada kejanggalan maka Sobat perlu berwaspada. Walaupun begitu, ternyata barang KW juga sudah ada nomor serinya. Hanya saja umumnya untuk tampilan dari kode dan nomor seri cukup ringkih dan juga mudah hilang.
Jadi sebaiknya saat ingin membeli sparepart mobil yang asli bisa melihatnya dengan jeli. Anda juga bisa membeli sparepartnya di toko-toko atau bengkel-bengkel resmi. Karena sudah pasti sparepart yang dijual asli dan tidak palsu. Meskipun harganya tergolong sangat mahal saat membeli di took-toko dan juga bengkel yang resmi itu tidak menjadi masalah selama sparepart yang Anda beli memang benar-benar asli dan terbukti kualitasnya.
  1. Memeriksa Kondisi Kemasannya
Cara kedua yang bisa Anda lakukan dalam membedakan antara sparepart mobil asli atau palsu adalah dengan melihat dan melakukan pemeriksaan pada kondisi kemasannya. Umumnya tempat kemasan sparepart adalah kardus dengan menggunakan bahan material yang halus dan juga tebal. Begitupun dengan kualitas warnanya yang berwarna terang dan juga tidak kusam. Bahkan umumnya diberikan juga label stiker hologram yang ditempelkan dalam kemasan. Untuk sparepart yang asli label tidak akan mudah dilepas dan cetakan logonya sangat jelas.
Sangat berbeda sekali tentunya dengan sparepart yang palsu. Biasanya, dari kemasan saja kita sudah bisa menilai bahwa sparepart tersebut adalah palsu. Sparepart palsu biasanya juga tidak memiliki kemasan yang layak dan meyakinkan. Kalaupun memiliki kemasan biasanya tidak akan sebagus dengan yang dimiliki oleh sparepart yang asli. Maka dari itu, saat Anda akan membeli sparepart perhatikanlah kemasannya terlebih dahulu. Jika dari kemasannya saja sudah tidak meyakinkan, sudah dapat dipastikan sparepart yang dijual adalah barang palsu.
  1. Melihat Spesifikasi dan Kondisi Fisik Sparepart
Pembuatan sparepart yang asli dibuat mendetail setiap bagiannya. Tujuannya adalah agar saat dipasang benar-benar pas sesuai yang terpasang sebelumnya pada kendaraan. Nah saat Sobat membeli sparepart sebaiknya lihat dengan teliti kondisi fisiknya dan juga spesifikasi barangnya. Jadi untuk pengerjaan sparepart KW umumnya tidak terlalu sempurna sehingga akan ada yang terlihat dan bisa saja menjadi tanda. Adapun contohnya adalah dari segi tingkat kerapiannya. Begitu juga pada spesifikasinya, umumnya untuk barang asli akan menggunakan bahan material yang benar-benar mumpuni dan berkualitas.
Walaupun untuk sparepart yang palsu dibuat sangat mirip, namun pada penggunaan bahannya biasanya berbeda. Sebagai contohnya adalah untuk sparepart asli menggunakan baja tapi untuk yang palsu hanya memakai besi biasa saja. Untuk lebih meyakinkannya, mungkin Anda dapat membawa montir yang sudah berpengalaman untuk melihat apakah sparepart tersebut asli atau palsu. Montir yang sudah berpengalaman biasanya akan dengan sangat cepat mengetahui apakah sparepart tersebut asli atau palsu. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu lagi saat akan membeli sparepart.
  1. Menanyakan Garansi Sparepart
Apabila pemeriksaan telah usai dilakukan pada sparepart yang akan dibeli, selanjutnya adalah menanyakan garansinya. Jadi untuk sparepart yang asli umumnya mempunyai garansi yang cukup panjang. Bahkan untuk garansi diberikan oleh pihak produsen kendaraan. Sangat berbeda sekali dengan sparepart palsu. Sparepart palsu biasanya hanya memiliki garansi dengan waktu yang cukup pendek. Bahkan, biasanya juga tidak memiliki garansi sama sekali. Hal tersebutlah yang seharusnya Anda hindari.
Karena jika sampai sparepart yang Anda beli tidak bisa digunakan, Anda tidak bisa menukar ataupun mengembalikannya. Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan diri Anda sendiri nantinya. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk membeli sparepart, usahakanlah untuk membeli sparepart yang memiliki garansi panjang. Karena dengan begitu, sudah dapat dipastikan bahwa sparepart yang Anda beli adalah asli dan tidak barang palsu. 
  1. Memeriksa Harganya
Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam membedakan antara sparepart mobil asli atau palsu adalah dengan memeriksa harganya. Kalau dilihat dari segi harga tentunya sudah diketahui oleh banyak orang bahwa harga sparepart asli lebih mahal dibandingkan dengan yang KW. Anda bisa mencari tahu harga pasaran sparepart yang akan dibeli. Apabila harganya berbeda terlalu jauh dan tidak ada promo khusus ataupun potongan harga maka Anda perlu waspada. Karena bisa saja sparepart yang hendak dibeli tersebut merupakan barang palsu.
Namun perlu diketahui, bahwa selain soal sparepart mobil asli atau palsu, pihak masyarakat kadang lebih memilih sparepart KW. Hal tersebut bisa karena alasan tersendiri seperti dana yang dimiliki tidak cukup dan perlu segera diganti. Namun hal tersebut terserah pemilik mau membeli yang asli atau KW. Yang ditakutkan adalah sparepart KW tapi harganya seperti aslinya, tentunya hal tersebut akan merugikan pembeli.
  1. Membeli Sparepart di Bengkel Mobil Mitra Mulya Sejati
Jika Anda merasa bingung dan sering tertipu saat membeli sparepart mobil, tidak ada salahnya untuk membeli sparepart mobil yang Anda inginkan di bengkel mobil Mitra Mulya Sejati. Karena 100% sparepart mobil yang dijual asli dan bukan merupakan barang palsu. Kualitas sparepart yang dijual juga sangat memuaskan. 
Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang malas untuk keluar rumah, bengkel mobil Mitra Mulya Sejati juga menerima panggilan service mobil. Dengan menghubungi customer service bengkel mobil Mitra Mulya Sejati, para montir akan dengan siap segera untuk menuju ke lokasi Anda. Para montir yang bekerja di bengkel mobil Mitra Mulya Sejati juga sangat professional dan sudah berpengalaman di bidangnya. Jadi, Anda tidak usah ragu lagi
Bagi Anda yang berminat melakukan service mobil di bengkel Mitra Mulya Sejati, Anda bisa langsung menghubungi nomor customer service di bawah ini :
  • 0818585225
  • 0817892099
  • 03199842607
  • 081134655899
  • 081293353358
Bengkel mobil Mitra Mulya Sejati beralamat di Raya Kendangsari No.28, Surabaya. Bengkel mobil Mitra Mulya Sejati juga melayani service mobil secara online untuk seluruh wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan juga Gresik. Jadi, bagi Anda semua yang ingin melakukan service mobil dengan pelayanan yang sangat memuaskan, bengkel mobil Mitra Mulya Sejati mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat wajib untuk Anda coba.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenali sparepart mobil asli atau palsu. Dengan menerapkan keenam cara di atas semoga Anda semua terhindar dari barang palsu saat akan membeli sparepart. Semoga Bermanfaat!

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © BENGKEL MOBIL DAN SERVIS MOBIL PANGGILAN SURABAYA 08113465899. Designed by OddThemes